Tuesday, February 14, 2012

Blind Spot

Secara natural, mata manusia hanya mampu melihat jelas dalam rentang 180 derajat. Itu pun dibantu lirikan. Terdapat banyak blind spot  alias titik buta saat mengemudi dan terbukti jadi penyebab cukup signifikan dalam kecelakaan lalu lintas – terutama di daerah perkotaan yang padat.
Spion dapat membantu meminimalkan risiko celaka yang disebabkan blind spot.  Namun tetap memiliki keterbatasan, tidak semua sudut bisa terjangkau.
-          Faktor eksternal penyebab blind spot  di antaranya kendaraan lain (terutama yang berukuran besar seperti van, mobil boks, bus atau truk), tikungan, tiang, pagar dan pohon atau semak-semak.
-          Pilar mobil (terutama pilar A), sandaran kepala, penumpang dan barang merupakan faktor internal penyebab blind spot.
-          Sepeda motor kerap berada di area blind spot  mobil. Waspadai keberadaannya, sebisa mungkin jaga jarak dengan motor.
-          Pengaturan spion salah satu alternatif memperkecil blind spot.
-          Jangan selalu bergantung kepada visi dari spion. Bantu dengan menengok kiri atau kanan untuk memastikan situasi aman.
-          Cermati area blind spot  pengendara lain untuk menghindari kecelakaan. Lihatlah ke spionnya. Jika Anda tak bisa melihat mata si pengemudi, berarti Anda ada di area blind spot-nya.

 Stopper

Saat ini juga sudah banyak mobil yang mempunyai kaca spion bi-fokus. Jarak kendaraan di lensa cembung ini lebih dekat dari yang terlihat. Makanya terdapat tulisan ‘objects in the mirror are closer than appear’.

Tips mengatur spion

  1. Lakukan saat mobil berhenti
  2. Arahkan spion di interior ke posisi paling tengah. Sehingga sudut pandang ke kiri dan kanan sama
  3. Untuk spion samping, arahkan keluar sampai persis di batas bodi mobil. Ini akan memperluas pandangan ke samping kendaraan
  4. Saat parkir mundur, arahkan spion kiri ke bawah, sehingga posisi ban terhadap trotoar atau pembatas terlihat. Di beberapa merek, langkah ini otomatis dilakukan si mobil
  5. Jangan memakai mode malam untuk siang hari pada spion tengah
  6. Saat jalan, biasakan 8-10 detik sekali mengecek keadaan sekitar lewat spion tengah, serta samping kanan dan kiri.

Menghindari efek blind spot

  1. Sebelum belok atau pindah jalur, sempatkan untuk menengok kiri atau kanan. Ini akan memperluas sudut pandang mata
  2. Jangan menempel mobil di samping terlalu dekat. Anda bisa jadi ada di area blind spot pengemudi bersangkutan
  3. Hindari berjalan terlalu dekat dengan mobil yang memiliki area blind spot  besar, seperti truk, bus atau mobil boks
  4. Saat di berhenti di lampu merah, sempatkan diri menengok kiri atau kanan. Penjahat biasanya mendatangi mobil mangsanya dari area blind spot


_________________________
I added cool smileys to this message... if you don't see them go to: http://s.exps.me

No comments:

Post a Comment