Monday, August 8, 2011

10 Tips Untuk Menghemat BBM

Beberapa hari belakangan ini kita sering mendengar akan adanya kelangkaan BBM ataupun kenaikan harga BBM yang terkadang tidak sanggup kita cerna dengan akal sehat kita. Dan saat ini juga banyak produsen kendaraan sudah mendesain produknya dengan bermesin efisien dengan tingkat konsumsi BBM relatif irit.  Berbagai macam tekhnologi mesin dikembangkan dan diaplikasikan. Namun itu bukan satu-satunya cara yang menjamin ongkos bahan bakar terpangkas. Jauh lebih penting adalah karakter mengemudi yang banyak berperan dalam menghemat konsumsi bahan bakar. 
Kira-kira apa saja yang perlu dilakukan? Ayo kita ikuti beberapa tips berikut ini :

(Tips 1) JAGA PUTARAN MESIN :
Rata-rata mesin bensin bekerja optimal di putaran 2.500-3.500 rpm - tempat torsi maksimal berada. Aturlah perpindahan gigi supaya putaran mesin berada di angka itu. Terlalu tinggi akan membuat bbm cepat terbuang cepat, sedangkan terlalu rendah menyebabkan mesin kehilangan torsi dan butuh injakan gas dalam ketika hendak menambah kecepatan. Paling hemat jika kita melaju konstan di rpm tersebut dengan gigi tertinggi (Top Gear).

 (Tips 2) HINDARI AKSELERASI DAN PENGEREMAN BERLEBIHAN
Prinsipnya, jika kita mengerem akan membutuhkan tenaga mesin lagi untuk mengembalikan kecepatan semula. Karena itu , perhitungkanlah kondisi di depan anda dan cobalah melaju sekonstan mungkin.

JAGA TEKANAN BAN (Tips 3)
Tekanan ban berkurang akan mengakibatkan hambatan mobil bertambah. Pastikan tekanan sesuai rekomendasi pabrik dan tambahlan 2-3  psi ketika hendak dimuati beban banyak atau melaju di jalan tol.

(Tips 4) GUNAKAN ENGINE BRAKING 
Khusus mobil injeksi , engine braking membuat hemat saat melakukan pengereman. Karena ketika proses engine braking berlangsung, computer akan memutuskan aliran bahan bakar ke mesin.

PASTIKAN KONDISI MESIN PRIMA (Tips 5)
Lakukan uji emisi untuk mengetahui kesempurnaan pembakaran. Jika perlu, perbaiki kinerja pembakaran dengan mengadopsi sistem pengapian lebih baik

PASTIKAN CELAH REM SUDAH TEPAT (Tips 6) 
Jika celah antara cakram dan brake pad terlalu menempel, maka putaran roda akan terhambat. Gejalanya, laju mobil terasa agak tertahan.

(Tips 7) HINDARI JALAN MACET  
Ketika mobil berhenti , konsumsi BBM saat itu adalah 0 km/l. Semakin banyak Anda menghindari titik kemacetan , semakin baik konsumsi bbm yang didapat.

DAPATKAN SPBU YANG PRESISI (Tips 8)
Sebisa mungkin mengisi bahan bakar di stasiun pengisian dengan takaran akurat.

(Tips 9) MATIKAN AC JIKA TIDAK PERLU
Kompresor AC memberi beban cukup besar ke mesin. Matikan saja jika Anda melaju di cuaca yang sejuk.

JAGA INJAKAN PEDAL GAS (Tips 10)
Selalu injak gas dengan lembut. Menginjak terlalu dalam akan memboroskan bbm secara eksesif.

Semoga bermanfaat yaa...

 

No comments:

Post a Comment