Wednesday, July 20, 2011

Basic Defensive & Responsible Driving Training for Student (Al Izhar)

 Tanggal 13 Juli 2011, SMA AL IZHAR Pondok Labu bersama dengan IDDC (Indonesia Defensive Driving Centre) mengadakan sebuah program training  “ Basic Defensive & Responsible Driving Training for Student”. Training yang dikhususkan bagi para siswa / siswi Al Izhar berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir. Dengan antusisme yang sangat tinggi, peserta yang telah diinformasikan untuk berkumpul di CITOS (Cilandak Town Square) pukul 07.00 sudah berkumpul 30 mnt lebih awal dari jam yang telah ditentukan. 11 Peserta yang dijemput oleh Big Bird di CITOS kemudian langsung berangkat menuju café Anastomosis tepat pukul 07.30. Sesampainya di café Anstomosis, Pulomas,  para siswa dan siswi dari Al Izhar segera menuju ke lantai 2 untuk kembali melakukan registrasi peserta dan bersiap untuk mengikuti sesi theory yang dibawakan oleh Bpk Bintarto Agung dan didampingi oleh salah satu instruktur senior IDDC , Bpk Deki Hartanto.


Usai sesi theory, IDDC telah mempresiapkan beberapa modul praktek yang menarik, diantaranya adalah Slalom Maju & Slalom Mundur, Braking (Pengereman) & Judgment. Setelah diberikan pengarahan mengenai aspek-aspek dalam kendaraan dan pengetahuan lebih jauh tentang mobil oleh Bpk Deki Hartanto selaku pemimpin Instruktur di Lapangan, para siswa langsung menuju ke Lapangan untuk memperhatikan demonstrasi slalom yang diberikan oleh Bpk Sony Susmana. Setelah sesi demonstrasi diberikan, kemudian satu persatu siswa mencoba langsung dengan didampingi oleh para instruktur dari IDDC yakni Bpk Deki Hartanto, Bpk Sony Susmana dan Bpk Anggana . Kemudian dilanjutkan oleh Praktikal Braking (Pengereman). Practical Braking ini mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari para siswa/I , dikarenakan mereka diperkenankan langsung mebawa mobil dengan didampingi oleh instruktur untuk mengetahui mengenai system pengereman dengan menggunakan ABS System dengan yang tidak menggunakan ABS System. Medan pengeremannya pun dibedakan menjadi 2, yakni di medan (jalan) yang kering dan di medan jalanan yang basah.





Dan setelah dari practical braking system, para siswa dapat langsung mencoba Judgment Ability practical. Pada judgment ability practical, diharapkan para siswa menyadari focus dan scanning (pandangan jauh kedepan) dalam berkendara sangatlah penting. Dan diharapkan pula, mampu bereaksi sesuai dengan prosedur yang benar, baik dalam pengereman darurat dan reflex untuk menghindar ketempat yang aman sudah benar. Judgment Ability kali ini dilakukan dengan cara mempersiapkan sebuah lampu. Dimana ada lampu hijau, berarti berekasi ke kanan dan lampu merah, yang menandakan peserta harus bereaksi melakukan prosedur pengereman darurat yang benar ke arah kiri. Salah satu helper dari IDDC akan bersiap untuk memberikan test pengereman tersebut kepada siswa/i. Dan ketika mobil melaju, team IDDC bersiap mengarahkan untuk memberikan lampu hijau atau lampu merah. Pelatihan ini sangat memberikan antusias yang baik dari para peserta Al Izhar. Belum lagi setelah adanya demo slalom yang diberikan oleh Bpk Bintarto Agung dan Bpk Deki Hartanto di area Lapangan Pulomas. Seluruh siswa sangat berantusias untuk ikut merasakan bagaimana kecepatan slalom yang dipertunjukkan oleh Bpk Bintarto Agung dan Bpk Deki H. Pukul 16.00 , training yang diberikan telah selesai. Sebelum para peserta kembali, IDDC memberikan sebuah sertifikat yang telah disetujui oleh SDT Australia, sebuah lembaga keselamatan dalam mengemudi terbesar se Asia –Pasifik kepada masing-masing siswa dan siswi yang mengikuti pelatihan dari pagi hingga selesai. Setelah penutupan yang ditutup oleh Bpk Deki Hartanto, para peserta berjabat tangan dengan para Instruktur IDDC . Diharapkan setelah adanya training yang diselenggarakan oleh Al Izhar & IDDC , para siswa dan siswi dapat menerapkan standard keselamatan dalam mengemudi yang tidak hanya dikhususkan bagi para pengendara atau siswa itu sendiri namun dapat diterapkan juga bagi kerabat ataupun keluarga dalam kehidupan sehari-hari . 




No comments:

Post a Comment